Selasa, 15 Juni 2010

Pengalaman Melamar Kerja

Gw baru lulus kuliah. lebih tepatnya baru selesai sidang dan baru akan di wisuda september ini. So,, selama menunggu ga cari-cari lowongan kerja aka loker.

Mulai nyari dari sebelum sidang. sekitar bulan februari. iseng-iseng melamar di suatu web yang khusus untuk pencari kerja.

coba sana-sini. iseng-iseng ngelamar. ternyata sekitar seminggu sebelum sidang ada panggilan untuk interview. Otomatis gw seneng dan deg-deg an karena ini panggilan pertama dan yang gw belum sidang. Apalagi kantornya di daerah sudirman dan di gedung sampoerna lagi. keren kan?? tempat idaman. walaupun sedikit aneh gw melamar jadi bussines development malah di panggil untuk financial manajer. gw masih belum curiga.

Datanglah gw pada hari jumat. Masuk ke gedung sampoerna dan ke recepsionis tuker id dengan id tamu. lalu gw di tanya lt berapa dan perusahaan apa. Gw bilang lt. sekian perusahaan ini. resepsionisnya bilang ga ada perusahaan itu. gw kaget. mana ga ada pulsa. akhirnya isi pulsa dulu di bank. kebetulan di gedung sampoerna ada bank. lalu gw telpon santi. dia menyebutkan nama perusahaan lain. lalu gw datanglah ke atas dan sesampainya di atas di suruh mengisi formulir. menunggu sebentar dan ga lama kemudian di panggil seseorang bernama santi. gw liat dia masih muda dan katanya kenapa nama perusahaan ini ga ada karena mereka meminjam' tempat' di perusahaan yang namanya tercantum di bawah. dan perusahaan itu perusahaan outsoursing. dan dia bilang ini perusahaan investasi yang bermain di HKSI. gw tanya nyari investor?? dia bilang engga karena sudah ada dari perusahaan. gw its okey selama ga jadi marketing.


wawancaranya simple. ga nanya macem-macem. lalu dia tanya senin sudah bisa kerja? gw bilang bisa tapi selasanya izin karena sidang. Ga lama kemudian selesai wawancara itu. dia bilang akan di hubungi sore hari jika gw di terima. dan gw pun langsung pulang.

Sesampainya di rumah gw dapet telp dari perusahaan yang berbeda tapi sejenis yang terletak di daerah slipi. yaitu investasi forex. gw iyain karena belum ada kepastian dari yang di sudirman.

Sorenya, gw di telpon bahwa gw di terima. Senin di suruh datang jam 9. gw iya in. dan hari senin itu gw dateng. Ada sekitar 20 orang lebih yang dateng dari berbagai macam ilmu dan umur. Hukum, sipil, kuliah, dll.

gw aga curiga disini karena kok bisa hukum, sipil padahal ini keuangan. pada hari senin itu kita di training yang di bagi 2 sesi. dari jam 9 sampai jam 12 di training tentang perusahaan, sejarahnya, dll. sesi 2 ttg transaksi melalui HKSI

Disini mereka cerita bahwa kita tidak akan dapat gaji pokok. ada klien dapet gaji. disini juga di bilang klien di sediakan oleh perusahaan karena sudah ada marketingnya sendiri, dan mereka bilang sebulan pasti minimal satu client.

Gw masih ga curiga. Apalagi gajinya menggiurkan $200. Mereka juga bilang training selama seminggu. lalu ada sistem gugur. deg-deg an lah gw. Seminggu menjalani training min hari selasa karena gw sidang. dan ternyata sistem gugur itu tidak ada. jadi gugur secara alami aja. ada yang merasa ga cocok lalu ga dateng-dateng lagi. Gw masih semangat 45 karena its my first job.

Hampir sebulan gw disana. lebih tepatnya 3 minggu. dari 20 orang jadi tinggal 4 orang yang bertahan termasuk gw. dan perusahaan ini terus mencari orang-orang baru. intinya tiap hari pasti ada training dan wawancara. selama 3 minggu itu gw cuma di kasih motivasi dan tetap belajar sistem HKSI.

Akhirnya mulai muncul belangnya. Kita di suruh mencatat keluarga yang berpotensi karena alasan mereka itu supaya lebih mudah dan sekalian melatih presentasi. Bilangnya share bisnis jangan investasi. dan terus di genjot supaya mereka mau masuk. jadi intinya disini GW ITU MARKETING JUGA padahal mereka bilang gw bukan marketing. cuma dengan cara lain.
dengan embel-embel kalau keterima dapat blackberry, i-phone, vaio, dll.

Setelah 3 minggu yang tidak jelas. tiba-tiba gw di sms santi untuk dateng siang dan ketemuan di luar kantor. gw curiga pasti ada something wrong disini. Datanglah gw sekita jam 11 an di kantin di luar kantor. di situ sudah ada satu temen gw dan beberapa orang yang tingkatnya sama dengan santi. dan ternyata ......

dia bilang kalau perusahaan tempat gw bekerja ILEGAL karena tidak tercantum. Memang saat training mereka bilang kalau ini perusahaan luar yang pusatnya di Australia dan ada cabang di china. baru buka cabang di Indonesia setahun yang lalu. lalu santi bilang bagaimanapun juga suatu perusahaan harus tercantum di Bapepti (klo ga salah) dan gw di suruh nyari HKSI di google. dan ternyata.....
ada lagi, perusahaan ini yang katanya berpusat di australia dengan nama yang sama adalah bukan perusahaan Investasi melainkan perusahaan lain.

Gw marah. di tipu mentah-mentah. udah ga bener, ilegal lagi.
awalnya gw ga percaya ma omongannya santi. apalagi setelah dia bilang dia nemuiin perusahaan sejenis tapi katanya 'bener'. apalagi setelah gw tau dia ga di
gaji selama 3 bulan. Dia juga bilang ada klien padahal ga ada. gimana juga mau di gaji?? lalu gw search di google tentang semuanya.
ternyata perusahaan itu memang perusahaan pembohong yang udah kesebar di mana-mana. karena membaca itu gw memutuskan untuk KELUAR

saran gw: klo kalian mau mencari pekerjaan. search dulu kantornya di google. kalau tidak ada yang mencurigakan baru bisa apply. jangan tertipu tempat dan gedung mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar